SEDERHANA

“saudara-saudara, jika Saudara bisa menutupi rasa lapar Saudara dengan makanan sederhana, mengapa saudara sewenag-wenang terhadap Rakyat dan merampas Hak milik orang lain untuk memenuhi keinginan dan kemewahan?”
(khalifah umar bin abdul aziz).

Itulah kira-kira kata-kata yang diucapkan khalifah umar bin abdul aziz di depan para pejabat kerajan
yang sengaja di undang nya para pejabat itu pada awal nya sengaja tak di sungguhkan apa-apa perut nya keroncongan. Di saat kerocongn itulah roti biasa di hidangkan, sehingga mereka makan kenyang.
Di saat para pejabat kekenyangan, baru lah makanan mewah yang di hidang kan, sehingga para pejabat menolak nya.
Pentingnya menjalan kan hidup sederhana. Bila terbiasa sederhana, akan nikmat hidup di dunia ini. Kita terasa dan terbiasa untuk hidup dalam suasana bagaimanapun, baik di kala banyak harta maupun di kala sedikit harta. kesedarhanaan juga bisa membantu kita dalam menerima ajakan untuk hidup dengan apa yang di berikan allah. Bukan hanya itu, hidup sederhana juga bisa menguatkan hati untuk tidak iri terhadap harta jabatan, atau kemewahan yang telah di miliki orang lain. Bila hati baik, maka perbuatan anggota Tubuh pun akan baik dan terjaga dari kejahatan.
Tidak sedikit kesejahteraan yang di lakukan manusia di dunia ini karena meninggal kan pola hidup sederhana bila pola hidup sederhana. Bila pola hidup sederhana tidak di tanam dalam diri kita sendiri, maka akan tumbuh pola hidup mewah. Serta merta berbenih penyakit iri hati dan rakus, sehingga senantiasa untuk menambil termasu yang bukan hak. Penyakit-penyakit ini lah yang melahirkan banyak penyakit lain nya, seperti ketdak adilah,kesewenag-wenangan,kekacauan tatanan hidup masysrakt, kerusakan pelaksanaan hukum,dan lain lain. Karena itu, sangat sulit memperbaiki suatu negri, bila pola hidup sederhana di abaikan.

0 komentar: